Minggu, 15 Januari 2012

Pembidangan Diklat Prajabatan PLN

Setelah 'bersenang-senang' di Pusdikpassus,sekarang saatnya lanjut ke tahap Pembidangan. Kali ini tepat tanggal 27 Desember 2011, aku dan teman-teman menuju ke Udiklat PLN. Berhubung jumlah kami yang cukup banyak yaitu 283 orang maka kami dibagi menjadi 2 Udiklat,yaitu Udiklat Bogor dan Udiklat Cengkareng. Aku mendapat bagian di Udiklat Bogor.

Suasana Udiklat jauh berbeda dengan Batujajar. Disini tempatnya lebih indah,karena berada di lokasi Puncak-Bogor. Makanan yang disajikan lebih enak dari Batujajar. Dan alat makanpun juga lebih baik. Sudah tidak ada lagi makan di 'Ompreng'. Sudah tidak ada lagi hormat ke lambang kopassus dan teriak "PLN!!!". Dan yang paling penting sudah tidak ada lagi makanan yang terlalu asin dan terlalu asam.

Kegiatan pertama setelah keluar dai Kopassus adalah Pengenalan Perusahaan. Pengenalan perusahaan ini berlangsung selama 5 hari. Berhubung lokasi Udiklat jauh dari lokasi pengenalan perusahaan yaitu di Ragunan, jadi kami semua yang berada di Udiklat Bogor harus berangkat jam 5 pagi dengan menggunakan Bus. Dan selama pengenalan perusahaan, kami semua harus menyantap nasi kotak setiap pagi siang dan malam.

Oh ya, ada yang kelupaan. Selama kita pengenalan perusahaan dan pembidangan,kita bakal ditemani oleh satu orang pelatih dari Kopassus. Kebetulan pelatih kami orang Bali. Namanya Pak Ketut. Untungnya pelatih yang didatangkan ke Udiklat tidak 'garang' seperti di Batujajar.

Pembidangan sendiri berlangsung selama 2 minggu. Materi yang diajarkan sesuai dengan bidang yang diambil. Kebetulan aku mengambil bidang ED (Enjinering Distribusi). Jadi yang diajarkan semua mengenai distribusi, mulai dari perencanaan sistem distribusi sampai pengelolaan data dan laporan. Dan setiap materi yang diajarkan pada akhir sesi akan diadakan evaluasi (semacam ujian). Dan nilai evaluasi tidak boleh kurang dari 70. Selama diklat peserta dipinjami sebuah laptop (notebook) dan diberi sebuah flashdisk 4 GB. Lumayan buat internet-an. Apalagi dapat fasilitas hotspot gratis.

Kegiatan lain selama pembidangan adalah setiap pagi semua peserta dikumpulkan dan menonton video yang disiapkan pihak Udiklat. Video yang disajikan semuanya adalah video yang memiliki pesan-pesan baik,seperti video Mario Teguh. Setelah itu semua peserta diklat diwajibkan menulis Resume dari video yang ditonton. Tapi tidak semua video dengan mudah dibuat Resumenya. Karena terkadang kita harus membuat resume dari sebuah video klip. Jadi terpaksa kita mencari tambahan dari internet atau bahkan 'mengarang bebas'.

Ada suka ada duka di diklat ini. Sukanya hidup kita lumayan terjamin disini. Makan gratis,internet gratis dan fitness gratis. Makannya pun juga enak,tapi terkadang ada rasa bosan juga dengan menu yang disajikan. Dukanya ketika kita harus berpisah dengan teman-teman untuk menuju lokasi OJT masing-masing. Karena belum tentu dalam waktu dekat bakal bisa ketemu lagi. Yang jelas nikmati saja semua kegiatan agar bisa maksimal dalam Diklat.

36 komentar:

  1. mantap gan! sama persis sama yg baru aja ane alamin. salam kenal ane dari angkatan 33 dan baru aja mulai ojt nih.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok2.. selamat bergabung gan..!! Smoga bisa menjadi penerus PLN yang terbaik..!! PLN!!!

      Hapus
  2. Aamiin, thx gan.. jujur ane msh bingung sama mekanisme proyek ojt ini. kalo boleh tau kegiatan agan selama ojt itu apa aja? lalu mengenai proses pengerjaan laporan ttg proyek yg ditugaskan utk klmpok agan itu sprti apa? hehe sori gan, ane bnyk tanya, maklum nubitol. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. OJT kita itu namanya OJT berbasis porject, jadi kita nanti akan diberi suatu project untuk diselesaikan selama OJT. Kita nanti dibimbing oleh mentor yg sudah ditunjuk, klo ane dulu sih project masalah P2TL sama APP. Nanti ada presentasi progress sama presentasi hasil akhir. Danterakhirnya kita disuruh bikin sesuatu yg bisa dilombakan di olimpiade OJT kita. Bisa agan baca di blog ane yg judulnya SANCA-P2TL, siapa tau bisa jadi inspirasi..

      Salam sukses..!!! PeLeNNN!!!

      Hapus
  3. Mau tanya nih, waktu prajabtan paling lama 1 tahun, nah itu apa harus 1 tahun atau malah bisa kurang 1 tahun?
    Sebab setelah saya baca2 artikel lainnya, kebanyakan waktunya hanya 6 bulan saja sudah termasuk OJTnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kebetulan angkatan 29 tahun 2012, kalau dihitung dari masuk Kesemaptaan di Kopassus bulan Desember 2011, dan selesai OJT bulan Mei 2012, berarti total sekitar 6 bulan.

      Hapus
  4. Gan penempatan pertama kmrn dimna? Trus pembidangan itu pengaruh sama penempatan gak?

    BalasHapus
  5. Aku OJT di Makassar tapi penempatan di Mamuju, jadi gak ada hubungannya antara pembidangan, OJT dan penempatan nantinya.

    BalasHapus
  6. Gan, abis OJT, fix boleh nikah kan ya? dapet cuti nikah ga abis itu atau harus tunggu dulu setahun?

    BalasHapus
  7. mohon bantuannya mas, saya minta info2 tentang proses rekrutmen PLN.
    maklum lah saya masih awam mngenai rekrutmen PLN.
    saya siswa smk lulusan 2016 Teknik Otomasi Industri(elektro) mohon bantuan nya mas klw bisa info lewat pin sya di invite ya 5E295A7 atau WA 089638229309 ..

    #Trimakasih sblumnya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam..
      Kalau tentang kapan rekrutmen, gak ada tanggal pastinya sih. Berapa kali setahun pun juga gak mesti. Tp sekedar bocoran info aja ya, PLN butuh pegawai baru banyak banget... Tapi ini istimewanya PLN, walaupun butuh banyak tapi kualitas rekrutmen gak pernah diturunkan. Jadi istilahnya mending rekrutmen berkali-kali yang penting dapet pegawai yg berkualitas daripada hemat jumlah rekrutmen tapi dapetnya yang asal-asalan.

      Cek terus aja di web PLN atau di web rekrutmen umum yg biasa ada di FB.

      Hapus
  8. halo terimakasih mas firmandiah atas informasinya yang cukup banyak
    kemaren saya baru wawancara pln. ditanya milih pembidangan apa. nah pertanyaan saya penentuan pembidangan itu sesuai dengan jawaban kita pas wawancara atau nanti ketika pradiklat jabatan dst akan ditentukan oleh PLN? mengingat waktu wawancara kan kita tidak tahu secara menyeluruh 4 bidang dari PLN. terima kasih atas jawabannya mas firman:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan aku dulu gk ada wawancara yg model gitu. Karena dulu penentuan bidang sdh dipisah sejak seleksi berkas. Tp kalau info dr temen2 yg setelah angkatanku sih, pengaruh deh antara jawabanmu dg bidang yg kmu tempatin nanti

      Hapus
    2. wiiihhh fast respond. makasih banyak mas firman. apakah ada kemungkinan waktu penentuan pembidangan kita berbeda dengan pilihan waktu wawancara mas? kalo pembidangan sama penempatangan ngaruh ga sih mas? kebetulan saya non teknik

      Hapus
    3. Kebetulan pulsa internet lagi full 😁. Semua misteri illahi mas, yang jelas sih tergantung kebutuhan di PLN. Kalau pembidangan sama penempatan juga ujung2nya tergantung dari kebutuhan unitnya mas nantinya. Tp klo menurutku sih Non Teknik gk bakal jauh2 nanti 'kesasar'-nya.

      Hapus
    4. Kebetulan pulsa internet lagi full 😁. Semua misteri illahi mas, yang jelas sih tergantung kebutuhan di PLN. Kalau pembidangan sama penempatan juga ujung2nya tergantung dari kebutuhan unitnya mas nantinya. Tp klo menurutku sih Non Teknik gk bakal jauh2 nanti 'kesasar'-nya.

      Hapus
    5. wkwkwkwk iya sih bener juga. ga mungkin bakal ditempatin dibagian teknik ya mas. hahaha
      anyway kalo pradiklat jabatn dst adakah sistem peringkatnya mas? seperti capeg teladan dan lainnya? kebetulan ada temen kerja di angkasa pura waktu pradiklat ada sistem seperti itu. apakah di PLN ada sistem yg serupa?

      Hapus
    6. Kalau peringkat ada sih di angkatanku dulu. Tp yg menurutku paling keren karena ada penghargaan inovasi terbaik dr para OJT, saya dan tim kmrn dapet juara 1 di bidangku lho.. (pamer sedikit 😂). Mulai sekarang mulai dipikirin tuh mau bikin inovasi apa buat OJT nanti. Semoga sukses bro, selamat bergabung di PLN..

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Gan mau tanya kalo lokasi diklatnya tuh menurut pembidangan bkn? Misal suka di bagi di suralaya, bogor, dan semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya sih gitu, jadi klo pembangkit nanti di Suralaya, yg distribusi, niaga klo gk di Bogor ya di Pandaan, atau bisa jadi juga di Semarang.

      Hapus
  11. Maaf mas boleh minta infonya kalo S1 Pertambangan nanti pembidangannya yang mana? Kebetulan saya masuk tahap wawancara untuk rekrutmen PLN. Terimakasih sebelumnya mas

    BalasHapus
  12. Kalau itu aku kurang tau gan, aku malah baru tau kalau ada rekruitmen buat jurusan pertambangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Denger2 sih baru angkatan yang ini gan hehehe, okedeh terimakasih mas infonya jadi ada gambaran diklat prajabnya gimana hehe. Semoga saya juga bisa lolos ke tahap itu :')

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  13. Ada mas, pas rekrutmen di itb kemaren
    Ane baru beres wawancar senin kemaren di bandung, semoga tembus deh ya
    Ouwhh ya, kalau buat alatnya itu pas kita lagy pendidikan atau ojt ?
    Nahh itu alatnya full kita buat dari nol ya, ada pembimbingnya juga ga mas buat bimbing kita ?

    BalasHapus
  14. Ada mas, pas rekrutmen di itb kemaren
    Ane baru beres wawancar senin kemaren di bandung, semoga tembus deh ya
    Ouwhh ya, kalau buat alatnya itu pas kita lagy pendidikan atau ojt ?
    Nahh itu alatnya full kita buat dari nol ya, ada pembimbingnya juga ga mas buat bimbing kita ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelihatannya itu nanti pas OJT deh. Soalnya kalau sebelum OJT palingan cuma ada kesemaptaan sama pengenalan perusahaan. Kalau oJT nanti ada mentornya, cuma ide apa yg mau dibuat biasanya dari kita sendiri sih.

      Hapus
    2. Waahh pas ojt ya mas, makasih ya mas atas infonya, nahh pas kita lagy samapta dan pengenalan perusahaan ada tes tesnya lagy ga, yang buat kita gugur ?
      Masih harap harap cemas nunggu pengumuman wawancara

      Hapus
    3. Kelihatannya selama kmu gk ngajak ribut instrukturnya atau tiba2 ngajak kawin lari anak instrukturnya atau gk bikin kehebohan masih aman2 aja deh. He..he..

      Hapus
    4. Hahahahahaa ente ngelawak mas
      Suwun deh mas infonya
      Mohon doanya ya, biar lulus wawancara, biar nyusul ente

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Mas mohon maaf tolong infonya klo kita udah ojt katanya itu mash ada yg gugur yaa mas terima kasih mas

    BalasHapus
  17. Pokoknya blm ada yg pasti selama belum keluar SK pengangkatan pegawai.

    BalasHapus
  18. Soal2 pembidangannya kebanyakan tentang apa ya gan?

    BalasHapus